KATA PENGANTAR

Shallom !

Anda yang dikasihi Tuhan,

Puji syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa kasih setia-Nya terus melimpah atas kehidupan pelayanan kita, dan atas anugerah-Nya pula dihadapan kita saat ini boleh hadir sebuah buku yang kita tunggu-tunggu, berjudul :

YESUS AJAIB !

Perlu diketahui mula-mula sebagian materi dalam buku ini diajarkan terpisah-pisah dan tersebar dalam PDP (Persekutuan Doa Penyembahan) YAMIDA (Yayasan Millenium Damai) yang ada. Setelah mendapat banyak masukan dari berbagai pihak dan melihat pentingnya pengajaran-pengajaran ini, maka materi yang tersebar tersebut dikumpulkan dan disusun kembali dengan beberapa tambahan. Karena pengajaran pada buku ini sangat spesifik dan membutuhkan penjelasan serta pembahasan yang lebih mendalam lagi, maka kami menjadikan sebagai salah satu materi pengajaran pada : PEMURIDAN (Pelatihan Pelayanan) Millenium Damai..

Khusus dalam buku ini, banyak materi yang diambil dari “Alkitab Penuntun Hidup berkelimpahan (The Full Life Study Bible).”

Bahwa sangat dianjurkan bagi para peserta Pemuridan (Pelatihan Pelayanan) untuk aktif mengikuti setiap pertemuan yang diselenggarakan. Karena peserta akan banyak mendapatkan pengajaran tambahan dan kesaksian – kesaksian, yang tidak terdapat didalam buku materi ini.

Setelah peserta Pemuridan (Pelatihan Pelayanan) menyelesaikan Materi Dasar I : YESUS AJAIB ! dapat melanjutkan ke Materi Dasar II : YESUS KUASA !

Mari kita maju terus ! Kita tanggapi setiap karya yang Tuhan berikan pada kita dengan penuh kasih dan roh yang terus menyala-nyala untuk melayani Dia.

 Persiapkan jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. (Matius 3:3) 

Tuhan memberkati !

Ari Suksmono Hertanto

— o0o —

DAFTAR ISI

PELAJARAN I :FAKTA DUNIA ROH

PELAJARAN II : IBLIS DAN SETAN-SETAN

PELAJARAN III : MALAIKAT

PELAJARAN IV : KEMATIAN (SEPUTAR KEMATIAN & KEANGKATAN – SERI 1)

PELAJARAN V : DUA TEMPAT YANG BERBEDA  (SEPUTAR KEMATIAN & KEANGKATAN – SERI 2)

PELAJARAN VI : KEANGKATAN  (SEPUTAR KEMATIAN & KEANGKATAN –SERI 3)

PELAJARAN VII : TAHTA PENGADILAN KRISTUS BAGI ORANG  PERCAYA (SEPUTAR KEMATIAN & KEANGKATAN– SERI 4)

PELAJARAN VIII : PEMAHAMAN TENTANG KEBANGKITAN TUBUH (SEPUTAR KEMATIAN & KEANGKATAN – SERI 5)

PELAJARAN IX : MASA KESENGSARAAN & MUNCULNYA  ANTIKRISTUS

PELAJARAN X : SEPUTAR MISTERI 666

— o0o —

Pelajaran 1. FAKTA DUNIA ROH

(Pdt. Ari Suksmono Hertanto, Millenium Damai Ministry)

PENDAHULUAN

Uraian ini lebih banyak berisi pengalaman penulis sehubungan dengan dunia roh. Bagaimana dunia roh sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia atau suatu kota bahkan suatu negara.

APA YANG TERJADI DI ALAM ROH, TERJADI DI ALAM NYATA. APA YANG TERJADI DI ALAM NYATA, ADALAH CERMINAN DARI ALAM ROH

( buku : “Persiapkan Jalan Untuk Tuhan “ – Pdt. Ari Suksmono H)

23 (dua puluh tiga) tahun penulis masuk dunia kegelapan yang sangat dibenci Tuhan. Memasuki dunia supranatural yang gelap. Berhubungan/berkomunikasi dan bersentuhan langsung dengan ‘banyak orang’ di ‘seberang sana’. Bagi penulis, dunia roh sama dengan dunia nyata. Kata lain, hidup di dunia roh sama nyatanya dengan hidup di dunia nyata dan demikian juga sebaliknya. Pembeda-nya adalah tubuh jasmani (di bumi).

Pernah ditemui oleh Tuhan Yesus berkali-kali ketika diawal pelayanan. Mati (kematian tubuh beberapa jam) naik ke sorga, menyerah di hadapan Tuhan Yesus, terima “pengurapan” dan “berkat”. Selanjutnya Tuhan Yesus menunjukkan banyak orang yang tidak bertobat terjungkal ke dalam jurang yang dalam, gelap dan tidak berujung. Saat penulis berteriak untuk menggantikan orang-orang itu terdengar suara menggelegar, “Di tempat ini semuanya sudah terlambat.” Pada kesempatan yang lain, ditunjukkan kuasa kegelapan yang paling kuat di dunia, dan di Indonesia. Pengalaman supranatural ini untuk memaksa penulis menjadi hamba-Nya (Pendeta). Tetapi penulis menolak dengan alasan-alasan yang sudah pernah disaksikan. Akhirnya Tuhan mengambil anak perempuan satu-satunya penulis, dan disinilah penulis menyadari maksud-maksud Ilahi yang besar dan penulis diijinkan melihat kemuliaan-Nya yang dahsyat. Penulis akhirnya siap dan menyerahkan hidupnya kepada Tuhan sampai hari ini.

Ketika penulis mengajarkan tentang dunia roh di awal pemanggilan menjadi hamba Tuhan, tidak sedikit orang mengernyitkan dahi dan mengatakan itu suatu pengajaran sesat. Berbicara tentang kekristenan sebenarnya berbicara tentang dunia roh.

Allah adalah Roh dan Roh Kudus yang menyertai kita juga adalah Roh. Kerajaan Kegelapan yang senantiasa melawan Kerajaan Sorga itu juga berbicara tentang dunia roh.

Materi ini disusun dengan harapan dapat menjadi tambahan pengetahuan tentang dunia roh, terutama dunia kegelapan. Dengan harapan untuk menghancurkannya di dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan menegakkan Kerajaan Sorga di bumi melalui penginjilan / pekabaran Injil.

FAKTA DUNIA ROH

Menjelaskan tentang dunia roh sangatlah luas, Uraian ini lebih banyak berisi pengalaman penulis sehubungan dengan dunia roh. Bagaimana dunia roh sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia atau suatu kota bahkan suatu negara.

  • Hanya ada dua kuasa : Kerajaan Allah / Kerajaan Sorga dan Kerajaan Kegelapan / Kerajaan Iblis. Tidak ada kerajaan yang lain di alam roh, atau kerajaan ketiga. Demikian di alam nyata, manusia hanya mempunyai dua pilihan, tidak ada pilihan ketiga. Mengikuti Kerajaan Allah atau Kerajaan Iblis, atau hidup dibawah pengaruh Kerajaan Sorga atau hidup dibawah pengaruh Kerajaan Iblis.
  • Di bumi pemerintahan kekuasaan Kerajaan Iblis berjenjang. Menguasai wilayah-wilayah yang lebih luas dan wilayah-wilayah yang lebih kecil. Dalam bahasan materi ini selanjutnya disebut dengan : penguasa kegelapan teritorial. Wilayah-wilayah yang dikuasai menjadi sumber atau basis serangan kepada umat manusia. Kemungkinan teritorial yang lebih luas lebih banyak dikuasai oleh malaikat yang dilempar Allah ke bumi. Allah tidak perlu mengirimkan malaikat-Nya untuk menguasai teritorial suatu wilayah di bumi. Meski Firdaus dijaga kerub, agar manusia tidak kembali ke Firdaus. Roh Allah sendiri yang menguasai dan menjaga pribadi-pribadi yang tidak menentang Kerajaan Allah di dalam iman dan percaya kepada Anak-Nya yang tunggal : Tuhan Yesus Kristus.
  • Kekuatan pemerintahan Kerajaan Allah (Yehowah / Yahweh) dan nama Tuhan Yesus Kristus / Darah Tuhan Yesus Kristus, mutlak di alam roh. Itulah faktanya. Meski Iblis sudah dikalahkan melalui kematian Tuhan Yesus di atas kayu salib, orang percaya harus tetap waspada / berjaga-jaga akan pengaruhnya.
  • Fakta yang lain adalah selalu ada peperangan di alam roh. Tentu saja peperangan antara Kerajaan Allah (para malaikat-Nya) dengan Kerajaan Iblis. Hal ini bisa melibatkan orang-orang kudus Tuhan atau pemuja Kerajaan Kegelapan (termasuk para dukun / paranormal).
  • Hukum-hulum Allah seperti semua yang ada di dalam Alkitab (tidak dengan yang lain), mutlak berlaku di alam roh. Jadi seseorang yang kesukaannya membaca, merenungkan dan memahami firman Tuhan (Alkitab), hidupnya akan berkemenangan. Karena secara tidak sadar dia memahami dan mengerjakan hukum alam roh. Ibarat (yang mungkin tidak sama persis) seseorang yang memahami rambu-rambu lalu lintas dan hukum yang berlaku, mengendarai kendaraan di jalan raya. Dia akan terhindar dari kecelakaan dan pelanggaran hukum.
  • Orang yang di dalam dirinya kepenuhan Roh Allah, dan menjaga dirinya dengan kekudusan tidak akan dapat disentuh kuasa Kerajaan Kegelapan. Pendeta / Pastor, majelis gereja, guru-guru Alkitab sekalipun, akan dapat tersentuh kuasa kegelapan kalau hidupnya tidak menjaga kekudusan. Kekudusan tidak hanya berbicara tentang kejahatan seksual, tetapi salah satu contoh sehari-hari : melalui perkataan; menyimpan jimat (meski dengan alasan tidak disembah, hanya sebagai koleksi / peninggalan budaya); merokok (tentang hal ini akan dibahas secara khusus. Tetapi fakta alam roh, orang yang merokok lebih mudah terserang kuasa kegelapan); dan lain-lain. Poin ini sekaligus membatalkan suatu kepercayaan lokal bahwa : rumah akan tidak dapat dimasuki kuasa gelap / setan kalau ditanami tulang babi. Atau seseorang tidak akan terkena tenung karena yang bersangkutan doyan makan daging babi.
  • Fakta kuasa kegelapan (jin dan setan-setan, mantra-mantra, atau apapun dari Kerajaan Iblis) dapat masuk dan mendiami (sebagai rumah / tempat tinggal)  ke dalam manusia, binatang, pohon atau benda-benda mati (batu, logam, perhiasan, sampai perabot rumah tangga, dan lain-lainnya). Alkitab menuliskan, bahwa Roh Allah dapat tinggal di dalam diri kita semua, dan hadirat-Nya ada di atas tutup pendamaian (Tabut Perjanjian). Tetapi Roh Allah tidak masuk ke dalam batu-batuan, logam, perhiasan atau perabotan rumah tangga. Fakta alam roh, kuasa kegelapan sangat menyukai untuk tinggal / mendiami benda-benda yang bergambar atau berbentuk : Naga atau ular, selain  gambar / lukisan atau benda yang bersifat sadisme, setan-setan dan  gambaran roh-roh penguasa teritorial / kepercayaan lokal.
  • Dunia roh (kegelapan) dapat sebagai jalan berhubungan dengan dunia nyata di tempat lain. Misalnya, seorang dukun dapat memasukkan benda-benda tajam atau perabotan dapur masuk ke dalam dunia roh dan memunculkan kembali ke dunia nyata dalam tubuh seseorang (di tampat lain). Contoh yang lain : 1). Seorang dukun dapat “berhubungan seks di alam roh” dengan orang lain, dan  tubuh (jasmani) keduanya dapat mencapai orgasme. 2). Seorang dukun dapat menyampaikan pesan-pesan tertentu / berkomunikasi melalui mimpi seseorang. Dapat berupa nasehat-nasehat ataupun mengintimidasi. Atau dua orang / beberapa orang dapat berkomunikasi melalui dunia roh dengan sengaja. Bahkan seorang anak Tuhan yang diberi karunia Roh tertentu dapat menangkap suara-suara yang ada dan sedang melintas di alam roh.
  • Kerajaan Kegelapan senantiasa ingin dan haus untuk menguasai dan mengendalikan manusia demi kepentingannya. Allah yang lembut tidak arogan dengan paksaan, tetapi merindukan anak-anak-Nya untuk bekerjasama dengan-Nya. Tidak heran apabila ada istilah : kerasukan setan, kerasukan Iblis. Kita tidak pernah mendengar istilah : Kerasukan Allah.
  • Alam roh akan berubah cepat melalui perkataan (melalui doa, mantra-mantra atau perkataan yang diucapkan langsung / spontan). Terutama perkataan anak-anak Tuhan. Fakta ini yang mendorong penulis untuk senantiasa mengingatkan kepada banyak orang terutama jemaat, untuk berhati-hati dengan lidah.
  • Ancaman atau cengkeraman setan yang terkuat / “Santet tertinggi” bukan membuat seorang celaka. Tetapi menguasai mutlak pikiran / hati seseorang untuk meninggalkan Tuhan dan menganggap apa yang dikerjakannya adalah benar dan tidak berdosa. Misalnya : meledakkan diri dengan bom di dalam gereja atau tempat lain, dan menganggap yang dilakukannya adalah benar / tidak berdosa, dan kematiannya kelak akan masuk sorga.
  • Melengkapi poin-poin diatas, kuasa kegelapan akan menerpa dan menguasai siapa saja yang membuka peluang dan mengundang dia. Melalui ajaran-ajaran dunia, sinkretisme, dan okultisme. Fakta alam rohnya, Kerajaan Iblis gerakkannya adalah mendesak masuk. Seperti air, begitu ada celah sekecil apapun, meresap dan mengalir masuk.
  • Fakta manifestasi kemunculan dunia roh di alam nyata dapat berupa atau dimulai dengan : api, angin, asap, awan (putih / gelap seperti awan atau bergulung-gulung / hanya gumpalan dan lainnya), cahaya (kilat / terang benderang yang menyilaukan, dan lainnya), suara (letupan / ledakan). Apapun manifestasi kemunculan yang terjadi, anak-anak Tuhan harus mengujinya dengan nama Tuhan Yesus Kristus atau Darah Anak Domba Allah. Kalau bukan dari Tuhan biarlah hancur, tetapi kalau dari pada Tuhan biarlah ada peneguhan. Sehingga kita mengerti maksud pesan yang Tuhan ingin sampaikan kepada kita. Jangan takut mengujinya. Beberapa orang mengatakan, “Jangan main tengking, kalau itu ternyata dari Tuhan kita bisa berdosa.” Atau “Kalau benar yang hadir adalah Allah tidak pantas / tidak layak kita menengkingnya.” Allah tahu anak-anak-Nya sedang menguji. Jadi menurut penulis, lakukan saja. Karena faktanya, setan dapat menyamar seperti Tuhan Yesus atau malaikat-Nya.
  • Kalau saudara peka (mungkin juga ada karunia membedakan roh), saudara dapat merasakan ketenangan, sukacita dan damai sejahtera menyelimuti, ketika hadirat-Nya hadir. Sebaliknya saudara akan merasakan kegelisahan, kemarahan, tidak sejahtera, ketakutan sampai merinding / bergidik, kalau itu bukan dari Allah. Tetapi jangan heran, sukacita dan ketenangan juga dapat mengiringi kedatangan ‘sosok’ dari Kerajaan Kegelapan, tetapi kalau saudara peka ‘ada sesuatu’ yang berbeda. Ini menyangkut Kemuliaan.
  • Fakta yang lain lagi, dunia roh dapat dimasuki oleh seseorang yang masih hidup. Tentu saja tidak dengan tubuh jasmaninya. Seseorang dengan kekuatan supranatural (kegelapan) dapat meninggalkan tubuh jasmaninya untuk pergi ke dunia lain, dunia jin / setan atau ke tempat lain. Kemudian dapat kembali lagi (‘hidup lagi’) tanpa kesulitan. Tetapi perlu diketahui. Tidak seorangpun dapat memaksa masuk ke alam (sorga / firdaus) yang penuh kemuliaan Allah tanpa seijin / kehendak-Nya. Kebohongan besar kalau ada seorang dukun yang tidak mau bertobat mengaku pernah masuk dan melihat sorga.
  • Sebagai tambahan, di Kerajaan Kegelapan ada dunia jin dan setan-setan. Sebagian orang percaya, ada jin yang baik, namun ada juga jin yang jahat yang melawan Allah. Keberadaan / kondisi dunia jin mirip dunia manusia. Mereka ‘bersosial.’ Namun jin mempunyai kelebihan supranatural dibandingkan manusia. Alkitab menuliskan tentang jin adalah jin (setan). Allah sejak semula tidak secara khusus menciptakan dunia jin, seperti halnya Allah menciptakan Firdaus bagi manusia. Dunia jin dapat menipu. Suatu ketika orang akan melihat kehidupan dunia jin seperti sorga. Sekali lagi yang membedakannya : Kemuliaan-Nya. Genderuwo, pocongan, kuntilanak, tuyul, dan lain-lainnya adalah setan dengan teritorialnya sendiri dan mempunyai aktifitas sendiri.

Dunia orang mati tidak dimasukkan dalam materi ini, meski dunia orang mati adalah dunia roh. Hal ini semata untuk membatasi bahasan. Tetapi secara ringkas perlu diketahui, menurut pengalaman adikodrati penulis dan kebenaran firman Tuhan, orang yang telah mati langsung di tempat yang Allah sediakan. Dalam kepercayaan Tionghoa, mula-mula diyakini hanya ada dua alam di semesta ini, yaitu alam langit dan alam manusia/. Alam langit dipercaya sebagai tempat para dewa-dewi dimuliakan. Namun dalam perkembangan peradaban manusia masuknya Buddhisme membuat hadirnya sebuah konsep baru yaitu alam baka, menjadikan konsep alam menjadi tiga. Bertambahnya kepercayaan tradisional ini membuat masyarakat Tionghoa percaya manusia stelah meninggal akan menuju alam baka. Namun terdapat pengecualian bagi manusia yang memiliki kontribusi dan jasa besar bagi masyarakat selama hidupnya. Orang-orang golongan tersebut dipercaya akan berdomisili di alam langit. Alam langit dan alam baka diyakini memiliki pemerintahan sendiri, di mana terjadi juga interaksi layaknya alam manusia. Dalam ritual orang Tionghoa, seringkali kita melihat ada tradisi membakar uang kertas (uang emas dan uang perak). Uang emas (kim cua) diperuntukkan kepada dewa-dewi di alam langit. Uang perak (gin cua) diperuntukkan kepada roh manusia di alam baka. Uang perak juga diperuntukkan bagi roh manusia yang bergentayangan di alam manusia (hantu).

– o0o-

Pelajaran 2. IBLIS DAN SETAN-SETAN

Pdt. Ari Suksmono Hertanto “Milenium Damai Ministry”

PENDAHULUAN

Dalam pelayananNya, Tuhan Yesus seringkali menyerang kuasa Iblis dan setan-setan (Mrk 1:26, 34, 39; 3:10-11; 5:5:1-20; 9:17-29; bandingkan Luk 13:16). Karena salah satu tujuan kedatangan Yesus ke dunia ini adalah untuk mengikat iblis dan membebaskan mereka yang diperbudak olehnya (Mat 12:29; Mrk 1:27; Luk 4:18)

“Tetapi tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.” (Markus 3:27)

Perhatikan hasrat Tuhan Yesus untuk mengalahkan Iblis dan kuasa roh jahat; dalam Markus 3:27 hal ini diungkapkan sebagai “diikatnya dahulu orang kuat itu” (yaitu : Iblis) dan “merampok rumah itu” (yaitu : membebaskan mereka yang diperbudak oleh Iblis). Kuasa atas Iblis ini nyata sekali dalam hal mengusir setan-setan (Yun. daimonion) atau roh-roh jahat.

SIAPAKAH IBLIS SESUNGGUHNYA ?

  • Lucifer – bapa segala kesombongan. Dialah si Iblis itu (Iblis dalam bhs Ibrani artinya “penuduh” atau “musuh”). Lucifer diciptakan Tuhan dalam bentuk seorang/mahluk yang cantik. Penghulu malaikat yang diciptakan dengan sempurna dan baik. Ia ditempatkan di tempat yang terhormat, di antara malaikat-malaikat yang lain (Yes 14; Yeh 28). Ia juga diberi kepercayaan untuk mengatur para malaikat lainnya, menerima dan menyampaikan kemuliaan Allah. Ia ditunjuk untuk melayani tahta Allah. Namun sebelum dunia dijadikan, ia memberontak dan menjadi musuh besar Allah dan manusia (Yeh 28:12-19)
  • Ketika memberontak kepada Allah (Dia berpikir: “Aku hendak menyamai Yang Maha tinggi!” – Yes 14:14) iblis mengajak sekelompok malaikat yang lebih rendah tingkatannya, sepertiga dari jumlah malaikat di surga (Why 12:4) yang sesudah kejatuhannya barangkali dapat dikenal sebagai setan-setan atau roh-roh jahat dengan daerah operasinya adalah bumi.
  • Iblis, juga dikenal dengan nama “si ular”, telah menyebabkan kejatuhan umat manusia (Kej 3:1-6; lihat juga 1Yoh 5:19)
  • Ia disebut “naga”, “si ular tua”.

“Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” (Why 12:9a)

“ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan satan…” (Why 20:2)

Dalam ayat yang lain dia dikatakan “singa yang mengaum-aum”(1Ptr 5:8) dan “bintang timur”(Yes 14:12). Kata yang diterjemahkan “bintang timur” ialah “Lucifer”

  • Kerajaan Iblis (Mat 12:26) adalah suatu kerajaan kejahatan yang sangat teratur dan menguasai kerajaan angkasa (Ef 2:2), malaikat-malaikat yang telah jatuh (Mat 25:41; Why 12:7), umat manusia yang belum dilahirkan kembali (Yoh 12:31; Ef 2:2) dan dunia ini (Luk 4:5-6; 2Kor 4:4; lihat 1Yoh 5:19)
  • Iblis tidak mahakuasa, mahahadir atau mahatahu; oleh karena itu sebagian besar kegiatannya ditugaskan kepada setan-setan (Mat 8:28; Why 16:13-14, lihat Ayb 1:12).
  • Pada akhir jaman Iblis akan dikurung di dalam jurang maut selama 1000 tahun (Why 20:1-3). Setelah dibebaskan ia akan berusaha untuk terakhir kalinya menggulingkan Allah. Hal ini akan mengakibatkan kekalahan Iblis terakhir sehingga ia dicampakkan ke dalam lautan api yang menyala-nyala (Why 20:7-10)
  • Pada saat ini Iblis berperang melawan Allah dan umatNya (Ayb 1-2; Ef 6:11-18)
  • PB memperlihatkan dunia sebagai terasing dari Allah dan dikuasai Iblis (lihat Yoh 12:31; 2Kor 4:4; Ef 6:10-12)

SIAPAKAH SETAN-SETAN SESUNGGUHNYA ?

  • Setan-setan adalah makhluk roh yang berkepribadian dan berakal. Sebagai anggota kerajaan iblis dan sebagai musuh Allah serta manusia (Mat 12:43-45).
  • Setan sangat jahat, kejam dan berada di bawah kekuasaan Iblis (lihat Mat 4:10)
  • Setan-setan adalah kuasa yang mendiami berhala (bangunan / benda-benda dll. yang disembah atau diharapkan kuasanya untuk membantu / menolong). Dengan demikian menyembah pada allah yang palsu berarti menyembah setan-setan (lihat 1Kor 10:20)
  • Setan-setan termasuk dalam jenjang kedudukan para penguasa jaman ini; oleh sebab itu setiap kita orang percaya harus berperang melawan mereka (lihat Ef 6:12)
  • Setan-setan dapat tinggal di dalam tubuh orang yang tidak percaya (lihat  Mrk 5:15; Luk 4:41; 8:27-28; Kis 16:18) serta dapat pula menggunakan suara mereka untuk berbicara. Mereka memperbudak orang itu dan mempengaruhi mereka untuk melakukan kejahatan, kebejatan dan kerusakan. Bahkan menyiksa / merusak  tubuh orang yang didiami setan
  • Setan-setan dapat mengakibatkan penyakit jasmaniah di dalam tubuh manusia (Mat 9:32-33; 12:22; 17:14-18; Mrk 9:20-22; Luk 13:11,16), sekalipun tidak semua penyakit disebabkan oleh roh jahat (Mat 4:24; Luk 5:12-13)
  • Mereka yang terlibat dalam ilmu sihir dan spiritisme sebenarnya sedang berhubungan dengan roh-roh jahat. Hal ini menyebabkan seseorang mudah diperbudak oleh kuasa setan (Kis 13:8-10; 19:19; Gal 5:20; Why 9:20)
  • Setan atau roh-roh jahat akan aktif pada akhir jaman. Mereka akan meningkatkan kebejatan, kekerasan, kekejaman dan bekerja melalui ilmu gaib. Mereka juga akan menyerang Firman Allah dan doktrin yang benar (Mat 24:24; 2Kor 11:14-15; 1Tim 4:1). Pencurahan utama dari segala kegiatan setan-setan adalah di dalam diri antikristus dan para pengikutnya (2Tes 2:9; Why 13:2-8; 16:13-14)

PENYEMBAHAN BERHALA

  • Penyembahan berhala adalah salah satu bentuk perbuatan dosa yang cukup tua dalam sejarah manusia. Contoh pertama yang tercatat adalah peristiwa dalam keluarga Yakub (pelajari Kej 35:1-4). Juga terjadi saat Musa (Kel 32:1-6) dan sejarah sepanjang para hakim umat Allah. Juga pada masa akhir pemerintahan raja Salomo yang membuka peluang terjadinya penyembahan berhala (1Raj 11:  1-8). Dalam sejarah kerajaan yang terbelah, semua raja dari kerajaan Israel di utara dan juga banyak raja kerajaan Yehuda di selatan masuk dalam penyembahan berhala. Namun setelah masa pembuangan, penyembahan berhala berhenti dilakukan orang Yahudi.
  • Kita tahu, dibalik berhala terdapat setan-setan. Musa (baca Ul 32:17) maupun pemazmur (Mzm 106:36-37) menyamakan ilah-ilah palsu dengan setan-setan. Oleh sebab itu kekuatan dibalik berhala adalah kekuatan dan perbuatan roh-roh jahat. Banyak anak Tuhan terperangkap dengan menyimpan benda-benda yang mempunyai spirit kegelapan dengan alasan pelestarian kebudayaan. Misalnya dengan menyimpan/mengkoleksi keris, batu-batuan dan benda-benda lain, meski diakui tidak menyembahnya atau mengharapkan sesuatu keuntungan kekuatan dari benda-benda itu, menyimpan benda-benda yang mempunyai spirit kegelapan sama saja dengan menyimpan setan. Itu sangat berbahaya bagi anak-anak Tuhan (Untuk lebih memperlengkapi pengetahuan saudara, ikuti kelas selanjutnya : YESUS DAHSYAT!).  Ul 7:26 menjelaskan bahwa segala sesuatu yang mendatangkan dosa dan ketunasusilaan dan bertentangan dengan tabiat kudus Allah tidak boleh diijinkan di dalam rumah kita (bandingkan Yeh 5:7, 9).

Iblis selaku “ilah zaman ini” (2Kor 4:4) masih menjalankan kuasa yang cukup besar pada masa jahat ini (lihat 1 Yoh 5:19, bandingkan Luk 13:16; Gal 1:4; Ef 6:12; Ibr 2:14). Ia memiliki kuasa untuk mengadakan bermacam mujijat, tanda dan perbuatan ajaib palsu (2Tes 2:9; Why 13:2-8, 13; 16:13-14; 19:20) dan memberikan keuntungan jasmaniah dan material kepada manusia. Tidak disangkal, kuasa ini kadang-kadang memperbesar kemakmuran orang fasik (bandingkan Mzm 10:2-6; 37:16, 35; 49:7; 73:3-12).

  • Keserakahan didalam PB dikatakan suatu bentuk penyembahan berhala (Kol 3:5). Iblis atau setan yang mampu memberikan apa saja yang diinginkan manusia, termasuk harta membuat manusia tidak setia lagi kepada Tuhan. Sekalipun orang tersebut tidak menyembah patung kayu atau batu, tetapi sesungguhnya mereka menyembah roh-roh jahat yang ada dibalik keserakahan dan keinginan jahat itu. Jadi pernyataan Yesus bahwa kita tidak dapat melayani Allah dan mamon (Mat 6 :24) pada hakikatnya sama dengan nasehat Paulus bahwa orang percaya tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat

JENJANG KEKUASAAN DALAM PEMERINTAHAN KEGELAPAN

Apabila kita memperhatikan Matius 12:22-32; Markus 3:20-30; Lukas 11:14-23 “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh. Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan ? …” dan seterusnya.

Juga 1Kor 15:24 menuliskan : “Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.”

“Perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintahpemerintah, melawan penguasapenguasa, melawan penghulupenghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Ef 6:12)

Maka dapat dikatakan, bahwa Iblis mempunyai kerajaannya sendiri dan mempunyai pemerintahan berstruktur. Seperti sudah kita saksikan bahwa bangsa-bangsa mempunyai penguasa dan pemerintahannya sendiri-sendiri. Mereka mempunyai penguasa yang lebih rendah di suatu wilayah sampai penguasa tertinggi yang memimpin atas banyak wilayah.

Ayat-ayat firman Tuhan menyebutkan iblis dengan kerajaannya, sebagai :

  • Penguasa dunia (Yoh 12:31; Yoh 14:30; 16:11; 1Yoh 4:4;  pelajari Mat 4:8-9; Luk 4:5-7; Ayb 2:1-2)

Iblis memang mengklaim ‘dunia telah menjadi miliknya’ dan ini memang nyata, sehingga faktanya Yesus telah datang untuk memenangkan bangsa-bangsa.

Yohanes membuat pernyataan yang sangat signifikan :

“Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat” (1Yoh 5:19).

  • Penguasa kerajaan angkasa (Ef 2:2)
  • Penguasa udara (Ef 6:12). Menurut Ken Gardiner (dlm buku “The Reluctant Exorcist”), Paulus tidak hanya mengatakan “roh-roh jahat di udara”, tetapi ia membedakan antara pemerintah (arche), istilah yang sudah kita jumpai : pangeran yang memerintah atas sebuah lokasi atau bangsa tertentu;

Penguasa (exousia) : mereka dengan suatu kebebasan otoritas (jadi rupanya mereka tidak terbatas pada suatu daerah tertentu);

Penghulu dunia yang gelap ini (kosmokrator) : pemimpin-pemimpin dunia yang jelas sangat tinggi dalam hirarkhi tetapi karena lebih dari satu, mereka tidak bisa meliputi iblis sendiri yang sebagai penguasa dunia ini memerintah atas mereka. Mungkin saja posisi “penguasa dunia” inilah yang iblis tawarkan kepada Yesus, jika saja mau mengubah kesetiaanNya dan menyembahnya.

Akhirnya dalam Ef 6:12 ada roh-roh jahat di udara : tampaknya menjadi pasukan yang melayani di bawah para pemimpin tersebut. Kemungkinan besar, mereka adalah roh-roh jahat yang kita hadapi dalam kasus-kasus yang memerlukan kelepasan.

TUHAN YESUS MENGALAHKAN IBLIS DAN SETAN-SETAN

  • Neraka (Yun. gehenna) sebagai tempat siksaan telah dipersiapkan oleh Tuhan kita bagi Iblis dan setan-setannya (Mat 8:29; 25:41)
  • Tuhan Yesus dalam pelayananNya di muka bumi seringkali menyerang Iblis dan setan-setannya (Mrk 1:26,34,39; 3:10-11; 5:1-20; 9:17-29; bandingkan Luk 13:16). Karena salah satu tujuan kedatangan Yesus ke muka bumi untuk mengikat /membinasakan perbuatan / kuasa Iblis dan membebaskan mereka yang diperbudak olehnya (1Yoh 3:8; Mat 12:29; Mrk 1:27; Luk 4:18)
  • Pembebasan itu telah menjadi sempurna dengan kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus (Yoh 12:31). Peristiwa ini telah menghancurkan kuasa kerajaan Iblis.

JANJI FIRMAN TUHAN KETIKA MENGHADAPI IBLIS DAN SETAN-SETANNYA

  • Yesus menjanjikan kepada orang percaya bahwa mereka akan menerima kuasa atas Iblis dan setan-setan (Mrk 16:17-18). Dia berjanji bahwa kekuasaan, wibawa dan kehadiranNya akan senantiasa menyertai kita dalam peperangan melawan kerajaan Iblis (Mat 28:18-20; Luk 24:47-49)
  • Roh Kudus sungguh melindungi orang percaya, sehingga orang yang percaya dan didiami RohNya tidak akan dirasuki setan (lihat 2Kor 6:15-16). Tetapi setan akan mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakan orang percaya yang tidak menuruti pimpinan Roh Kudus (Mat 16:23; 2Kor 11:3,14)

BAGAIMANA MENGALAHKAN IBLIS DAN SETAN-SETANNYA ?

  1. Menyadari bahwa kita tidak berperang melawan darah daging, tetapi melawan kekuatan dan kuasa kejahatan (Ef 6:12)
  2. Hidup di hadapan Allah dengan sungguh-sungguh dan mengabdi kepada kebenaranNya (Rm 12:1-2; Ef 6:14)
  3. Percaya bahwa kuasa Iblis dapat dipatahkan di tiap daerah kekuasaanNya   (Kis 26:18; Ef 6:16; 1Tes 5:8)
  4. Menyadari bahwa setiap orang percaya mempunyai senjata rohani yang diberikan Allah untuk menghancurkan kubu-kubu Iblis (2Kor 10:4-5)
  5. Berdoa dan mendambakan manifestasi Roh lewat karunia-karunia kesembuhan, berbahasa roh, mujijat, dan tanda ajaib lainnya (Kis 4:29-33: 10:38; 1Kor 12:7-11)
  6. Tuhan Yesus secara khusus mengajarkan kepada kita dalam Markus 3:27.“Tetapi tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu,” untuk :
    • Menyatakan perang terhadap Iblis sesuai dengan tujuan Allah (lihat Luk 4:14-19)
    • Memasuki rumah iblis dimana ia berkuasa, menyerang dan menguasainya dengan doa dan pemberitaan Injil serta membinasakan senjata, tipu daya, dan godaan setan (bandingkan Luk 11:20-22)
    • Merebut miliknya (merampok) yaitu : membebaskan mereka yang diperbudak oleh Iblis, dan membawa kepada penerimaan pengampunan dan pengudusan melalui iman kepada Yesus Kristus (Luk 11:22; Kis 26:18)
  7. Saat menyatakan perang dan menantang kepada Iblis, harus percaya nama Tuhan Yesus Kristus berkuasa (Kis 16:16-18); mempergunakan Firman Allah (Ef 6:17); berdoa dalam Roh (Kis 6:4; Ef 6:18); melawan dengan iman yang teguh (1Ptr 5:8-9); dengan berpuasa (lihat Mat 6:16)
  8. Mengusir setan-setan (Lihat Mat 10:1; 12:28; 17:17-21; Mrk 16:17;            Luk 10:17; Kis 5:16; 8:7; 16:18; 19:12)
  9. Memberitakan Injil Kerajaan dengan kepenuhan Roh Kudus (Mat 4:23; Luk 1:15-17; Kis 1:8; 2:4; 8:12; Rm 1:16; Ef 6:15)
  10. Bedoa agar Roh Kudus menginsyafkan orang yang terhilang akan dosa / kebenaran dan penghakiman yang akan datang (Yoh 16:7-11)

Untuk lebih memahami materi ini, anda dapat mengikuti kelas YESUS DAHSYAT !

LAWANLAH IBLIS DAN SETAN-SETANNYA SERTA BERITAKANLAH INJIL